Ndayung

Ndayung Rafting

Saat ini kegiatan rafting atau arung jeram sudah bukan menjadi kegiatan yang khusus sebagian kelompok saja, akan tetapi telah menjadi hiburan bagi semua kalangan usia. Arung Jeram adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan fisik dan mental. Tentu ada aspek rekreasi dalam olahraga tantangan ini karena lokasi rafting biasanya berada di daerah yang masih hijau dan asri. Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana yang tenang. Wisata Ndayung Rafting terletak di aliran Sungai Amprong, kawasan wisata alam Coban Pelangi di area TamanNasional Bromo Tengger Semeru Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh dari Kota Malang dengan kendaraan pribadi sekitar 45 menit perjalanan atau 20 menit dari Bandara Abdulrachman Saleh. Dari Kota Malang para rafter harus menuju arah timur melewati kota Tumpang. Bila menggunakan sarana angkutan umum, dari Terminal Arjosari menuju Tumpang menggunakan angkot TA (Tumpang-Arjosari) lalu menuju Desa Gubugklakah menggunakan angkot GTM (Gubugklakah-Tumpang-Madyopuro). Sedangkan jika dari arah Kota Surabaya dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.
Keadaan jalan menuju ke lokasi naik turun, namun sudah beraspal mulus. Sepanjang perjalanan terbentang perbukitan di kanan dan kiri jalan dengan pemandangan yang mempesona dan suasana dingin namun sejuk. Di perbukitan itu banyak ditanami beragam tanaman holtikultura organik karena Poncokusumo memang terkenal dengan hasil perkebunannya. Cukup banyak petunjuk arah di sisi-sisi jalan, hal itu membuat para rafter mudah untuk mencapai lokasi wisata ini. Apabila Anda kemalaman sampai di lokasi tidak perlu khawatir karena sudah ada fasilitas homestay dan camping area yang sangat terjangkau. Dari Desa Gubugklakah Anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Malang dari puncak pegunungan.
Rafting ini menawarkan sensasi yang berbeda dibanding dengan tempat rafting yang lain. Jalur untuk berarung jeram Ndayung melewati Desa Gubugklakah dan Mbesuki yang masih berada dalam wilayah Kecamatan Poncokusumo. Sedangkan sungai yang digunakan adalah Sungai Amprong dengan panjang jalur yang dipakai mencapai 7 km atau bagi para rafter pemula dapat ditempuh sekitar 3 jam. Sungai Amprong memiliki jeram yang menantang untuk dijadikan wisata rafting dan aliran airnya bersih di antara perbukitan di kaki Gunung Semeru. Sungai Amprong memiliki karakteristik banyak batu dan berarus kuat, namun sedikit dangkal. Arus Sungai Amprong memiliki 20 jeram dan 2 jeram andalan yaitu jeram welcome dan double jeram loading dengan ketinggian 4-5 meter. Tingkat kesulitan berkisar 3 sampai 3,5 sehingga cocok bagi rafter-rafter pemula maupun profesional. Jeram-jeram yang lain di antaranya yaitu Jeram Batu Tumpuk, Jeram Gajah, Jeram Bejo 1, Jeram Tampar, Jeram Love, Jeram Luak, dan Jeram Punuk. Para rafter akan merasakan pengalaman tak terlupakan apabila dapat mengarungi seluruh jeram di sungai ini.
Ndayung Rafting menawarkan pemandangan alam yang eksotik di kanan kiri sungai yang akan dilewati di lereng utara Gunung Semeru. Terdapat pemandangan air terjun di tengah pengarungan, perbukitan yang menawan di sekelilingnya, air sungainya yang jernih, dan udaranya yang sejuk. Selain itu pemandangan alami berupa tebing-tebing dan panorama kebun apel dan sayur-sayuran di kejauhan dan hutan-hutan yang masih rimbun di sisinya. Bahkan tidak tampak penduduk sepanjang jalur yang dilalui. Panorama sunset yang indah di sore hari bisa dinikmati di ketinggian 2.200 mdpl di lokasi basecamp Ndayung Rafting di lereng utara Gunung Semeru. Aliran sungainya mempunyai debit air dan grade yang aman untuk berarung jeram bagi pemula atau rombongan wisata keluarga. Di samping itu kita bisa menikmati indahnya air terjun Coban Pelangi yang merupakan satu kompleks area wisata dengan Ndayung Rafting tersebut.
Di Ndayung Rafting ini kita akan melewati lebih dari 20 jeram-jeram yang ada, menikmati indahnya alam dan akan menghilangkan penat Anda. Air terjun yang indah (jeram loading) anda lewati. Airnya terasa dingin dan memijit-mijit kepala dan tubuh anda, seketika anda lewati saat itu. Terkadang perahu yang kta naiki terbalik, menghantam batu sungai yang besar, dan berputar mengelilingi arus. Tetapi jangan khawatir, karena telah siap para rescue yang akan segera menolong bila terjadi apa-apa. Setelah melewati beberapa point, Anda bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan di sekitar sungai. Salah satu spot yang menarik adalah jumping point yaitu melompat dari ketinggian menuju ke dalam sungai. Sungguh amat menegangkan bila melompat dari ketinggian sekitar 3-4 meter terjun menuju sungai sedalam 3-4 meter.
Pengelola Ndayung Rafting berbasecamp di areal seluas 1 ha di kawasan wisata alam Coban Pelangi di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo. Letak basecamp sangat strategis, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang menakjubkan sambil menghirup segarnya udara. Selain kegiatan rafting, di sini juga telah dilengkapi dengan camping ground area dengan perlengkapan tenda, kamar ganti/kamar mandi yang representatif, pendopo, dan outbound area dengan fasilitas wahana outbound dewasa maupun anak-anak. Program kegiatan yang ditawarkan sebagian besar berbasis pada alam bebas dan kegiatan yang memacu adrenalin. Di Ndayung Rafting ini para pengunjung akan mendapatkan pengalaman di alam yang masih alami di Poncokusumo.

Dapatkan penawaran terbaik dari kami dengan menghubungi!!

Bunga Wisata
Office :
Jln: Raya Ngijo – Karangploso, Malang

Telp/Fax : (0341)468755
Hotline : 081 2339 09129 | 081 1377 7166
E-Mail : info.bungawisata@yahoo.com
Pin BB : 24E04039

Incoming search terms: