Pulau Lombok

Lombok dan Sumbawa, adalah dua pulau utama di Nusa Tenggara Barat serta pulau-pulau kecil lainnya yang lebih popular dengan sebutan Gili, menyuguhkan berbagai keindahan alam yang spektakuler, tempat-tempat menarik dan aktifitas untuk para turis di seluruh dunia…Pulau tropis nan eksotis dan garis pantai yang menawarkan pantai terindah sepanjang masa, iklim nyaman serta keindahan alam pulau perawan ini tidak terlepas dari pesona air sebut saja berbagai aktifitas yang bertalian dengan olahraga air misalnya berenang, menyelam, berlayar, berjemur dibawah terik matahari, berselancar, memancing dan banyak lagi yang lainnya.

Letak & Lokasi
Lombok berada diantara 115^45 dan 119^10 di timur dan selatan khatulistiwa, antara 8^52 dan 9^52 lintang selatan, jadi pulau cantik ini tempat yang strategis, yakni berada di dalam lingkaran segitiga emas terindah di Indonesia diantaranya Nusa Tenggara Timur dengan Komodonya, Bali dengan Pulau Dewatanya, Toraja di Sulawesi dengan keunikan sukunya.

Tanah
Meliputi area seluas 20, 153 kilometer persegi. Dan sebagian besar merupan daerah pegunungan dan perbukitan dengan dataran tinggi dan rendah terbentang dari bagian barat sampai ujung timur pulau Sumbawa. Panjangnya dari barat ke timur sekitar 80 KM. Sumbawa luasnya 300 KM dari barat ke timur dan 100 KM dari bagian utara ke selatan dan garis pantainya panjangnya 2500 KM dan perairan wilayah sepanjang 29,000 kilometer persegi termasuk 137 pulau, yang masing-masing 70 wilayah telah didiami. Sumbawa dengan 75% area tanah hanya memiliki 25% daro jumlah penduduk meskipun Lombok hanya memiliki 75% dari jumlah penduduk

Iklim
Iklim di Lombok pada umumnya hampir sama dengan wilayah Indonesia lainnya. Temperaturnya berkisar dari 21^ sampai 33^ derajat. Ada dua musim yakni musim hujan dan kemarau, musim hujan mulai dari bulan Oktober sampai Maret dan musim kemarau mulai bulan April sampai September, di bulan Januari hujan cukup deras dan angina bertiup kencang sampai bulan Februari.

Lingkungan
Ekologi laut memegang peranan penting dalam pertumbuhan kerang dan rumput laut serta tumbuh-tumbuhan laut lainnya dimana sebagian besar karang hidup ditemukan di Wilayah Nusa Tenggara. Mereka sangat besar potensinya dalam perkembangan pariwisata, perikanan, dan produk farmasi di masa mendatang. Dengan musim hujan musiman ini, tumbuh-tumbuhan di Nusa Tenggara ditentukan oleh bantuan curah hujan setiap tahun.

Flora & Fauna
Menurut Garis Wallace bahwa Flora dan Fauna di Asia berbeda dengan Australia yang tersebar dari utara menuju selatan antara Pulau Lombok dan Bali. Hutan-hutan banyak ditemukan di daerah pegunungan. Bagian terbesar dari wilayah Lombok adalah perairan pantai, sawah irigasi, dan perairan lainnya. Sementara luas wilayah daratan terbesar ada di Pulau Sumbawa. Khususnya spesies pertumbuhan tanaman memiliki pengaruh yang besar berimbas pada kehidupan penduduk setempat seperti kesambi, bungur, sonokeling, mahoni, jati, ipil, bamboo, tutul dan lain-lain. Bisa juga ditemukan beberapa jenis satwa yang tersebar di kawasan sesuai iklim dan kondisi alam seperti babi liar, rusa kecil, rubah, kadal, landak, kura-kura, dan beberapa jenis ular dan burung seperti pring, beo, bering, koak-kaek, cucak rawa dan lain-lain.

Agama
Penduduk asli Pulau Lombok pada mulanya menganut animisme dan diyakini berasal dari utara dan barat Birma atau India. Saat ini, orang-orang sebagian besar beragama islam sekitar 90% dari jumlah penduduk tetapi ada juga pemeluk agama lain seperti hindu bali ( sebagian besar berada di bagian barat), kristen dan buddha. Menariknya, bentuk kehidupan beragama yang beragam dengan tempat-tempat ibadah dan ritual-ritual keagamaan yang selalu berdampingan.

Penduduk & Budaya
Kelompok suku/etnis memiliki adat dan tradisi turun-temurun yang masih terlihat jelas sampai saat ini. Adat upacara perkawinan yang paling banyak disoroti disamping tradisi penangkapan cacing laut ( Bau Nyale) di pantai selatan Lombok yakni Pantai Seger, Kuta, Selong Belanak, Mawun serta Kaliantan.

Pemerintahan
Sebagai sebuah daerah provinsi, wilayah otonomi ini dikepalai oleh seorang Gubernur yang dipilih dalam jangka waktu 5 tahun oleh parlemen daerah dan disetujui oleh Presiden Republik Indonesia. Seorang Gubernur sangat memegang peranan penting dalam pelaksaan administrasi, mengkoordinir, perencana, pengembang dan memajukan segala aspek kehidupan sosial.

Ada 7 kabupaten dan 2 kotamadya berdasarkan wilayah dan administrasi sebagai berikut:

1. Kabupaten Lombok Barat, ibukota Gerung
2. Kabupaten Lombok Tengah, ibukota Praya
3. Kabupaten Lombok Timur, ibukota Selong
4. Sumbawa Barat ibukota Taliwang
5. Kabupaten Sumbawa, ibukota Sumbawa
6. Kabupaten Dompu, ibukota Dompu
7. Kabupten Bima Ibukota Rababima
Tambahan 2 kotamadya adalah kotamadya Mataram dan Kotamadya Bima

Incoming search terms:

Share