GUNUNG SEMERU | PAKET SEMERU FULL TRIP

semerufull-trip

Letak Gunung Semeru

Gunung Semeru berada di antara 2 kabupaten, yakni kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger semeru dengan Posisi geografis terletak antara 8°06′ LS dan 112°55′ BT.

Info Transportasi Menuju Gunung Semeru.

Dari Malang: Terminal Malang/ Statsiun Malang >> Desa Jemplang >> Desa Ranu Pani.
Dari Problinggo: Terminal Probolinggo >> Suka Pura >> Desa Ranu Pani.
Dari Pasuruan: Simpang Dengklik >> Jalur sama seperti dari Probolinggo.

Bagi kamu yang berniat menggunakan jasa kereta api, maka hendaknya kamu turun di statsiun Baru Malang, dari statsiun itu, kamu bisa naik angkutan kota AMG atau ADL menuju terminal Arjosari, Malang, dengan waktu tempuh 15 menit. Dari terminal Arjosari, kamu bisa naik angkot warna putih menuju ke Tumpang Arjosari yang memakan waktu sekitar 45 menit, jangan lupa, turun di pasar Tumpang Arjosari. Setelah di pasar Tumpang, kamu bisa melanjutkan perjalajan menuju Ranu Pani dengan menyewa Jeep atau naik truk engkel pengangkut sayuran. Biasanya per orang akan diminta biaya Rp. 30.000,-/orang dan untuk menyewa Jeep biayanya adalah 450.000,-/Jeep.

Ranu Pani sendiri adalah desa terakhir di kaki gunung Semeru, sekaligus menjadi garis start dalam pendakian gunung Semeru, letak desa ini berada pada ketinggian 2.200 mdpl. Di desa ini juga kamu bisa menemukan 2 danau, yakni Ranu Pani dan Ranu Regulo.

Masih di Ranu Pani, di sini terdapat pos penjaga, warung dan penginapan. Bagi para pendaki yang membawa tenda, akan diminta biaya Rp 20.000 per tenda, dan bagi yang membawa kamera akan diminta biaya Rp 5.000 per kamera.

PERALATAN YANG HARUS DIBAWA TAMU SELAMA TRIP (wajib)

  1. Penutup kepala
  2. Daypack / backpack / kerier
  3. Pakaian yang comfort dan nyaman
  4. Jaket / pakaian untuk hawa dingin kuat didaerah bersuhu 2 derajat.
  5. Raincoat
  6. Kaos tangan
  7. Sepatu trekking
  8. Masker untuk debu
  9. Head Lamp / Senter
  10. Trekking Pole ( Tongkat mendaki, sangat membantu di medan berpasir saat mendaki ke puncak)
  11. Dan peralatan pribadi lainnya yang sekiranya tamu butuh.

 

Porter akan membawa semua peralatan dan logistik, tamu hanya cukup membawa Daypack saja berisi pakaian/peralatan pribadi yang sekiranya tamu butuhkan. Intinya tamu cukup menikmati perjalanan, kami yang memasak, memasang tenda, membuat perapian dan melakukan segala hal untuk kenyamanan tamu.

Guide sebelum perjalanan akan membriefing tamu mengenai jalur perjalanan yang akan ditempuh, kondisi track, serta hal-hal yang mungkin bisa membahayakan tamu, dan memandu tamu selama perjalanan.Serta briefing terakhir sebelum perjalanan puncak mengenai kondisi track medan berpasir, resiko perjalanan, kemungkinan cedera selama perjalanan dan pencegahan atau pengobatan yang akan dilakukan, serta tips hiking. Guide akan memandu tamu melalui jalur aman dan mengawal tamu sampai puncak dan kembali.